Umur MANUSIA


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Alhamdulillah segala puji bagi Allah Tuhan yg menciptakan manusia dari tanah kemudian dari air mani dan yg telah menetapkan umur manusia dalam lauh Mahfuzh maka sedikitpun tidak bisa dikurangi atau ditambah. Ia menjadikan mati dan hidup sebagai ujian supaya diketahui siapa di antara manusia yg paling baik amalnya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW begitu juga kepada para shahabat tabi’in dan para pengikut jejak beliau yg setia sampai hari akhir. Kaum muslimin yg dirahmati Allah.Tidak ada yg lbh berharga dalam kehidupan ini baik itu dunia serta isinya bila dibanding dgn taqwa krn hanya taqwa saja yg menjadikan hidup manusia berarti. Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan taqwa kita dgn memperbanyak amal shaleh agar umur yg dikaruniakan Allah kepada kita lebih bermanfaat dan berharga. Kaum muslimin yg berbahagia.




Umur kita yang sebenarnya adalah detik-detik yang kita gunakan bersujud kepada Allah umur kita yg paling berharga adalah saat-saat yg kita habiskan di medan jihad. Umur kita yang paling bernilai adalah saat-saat bersama Al-Qur’an saat-saat bersama majlis-majlis zikir dan ilmu.Oleh sebab itu marilah kita bertanya kepada diri kita sendiri berapa persenkah umur kita yg berharga? Berapa persenkah dari umur kita yg kita siapkan untuk ibadah? Sebab banyak orang yang berumur panjang namun umurnya tidak berharga sama sekali. Hidup mereka hanya untuk makan dan memuaskan hawa nafsu (**) nya. Hidup mereka hanya untuk berfoya-foya hidup mereka hanya untuk dunia.Akhirnya kelak di hari kiamat tiada yang tinggal pada mereka kecuali penyesalan dan kerugian seperti yang digambarkan oleh Al-Quran surat Fathir ayat 37 /;

“Dan mereka berteriak di dalam neraka itu “Ya Tuhan kami keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yg shaleh berlainan dgn yg telah kami kerjakan.” Dan apakah Kami tidak memanjangkan umur kalian dalam masa yg cukup utk berfikir bagi orang yg mau berfikir dan datang kepada kalian pemberi peringatan? Maka rasakanlah dan tidak ada bagi orang-orang yg zhalim seorang penolongpun.”

Kaum muslimin yg dirahmati Allah.Seorang mu’min tidaklah patut tertipu dgn usianya yg masih muda atau terlena dgn keni’matan yg diberikan oleh Allah. Sehingga ia mengulur-ulur waktu atau bahkan lupa utk beribadah. Karena walau bagaimanapun panjang umurnya namun yg akan bermanfaat di akherat adl masa-masa yg ia gunakan utk beribadah kepada Allah. Sedang yg lainnya akan hilang seperti debu di atas bacu licin yg tersiram hujan hilang tak berbekas.

Akhirnya marilah kita renungi firman Allah :
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yg beriman dan beramal shaleh dan saling menasehati dgn kebaikan dan saling menasehati dgn kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr).

Firman Allah Surah Al-An’aam ayat 2:
Yang artinya:
”Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu)."
Firman Allah Surah an-Nahl 70:
” Allah-lah yang telah menciptakan kamu, kemudian ia mewafatkan kamu. Diantara kamu ada yang di panjangkan umur nya sampai tua bangka , sehingga menjadi tak tahu apa-apa sesudah dia mengetahui segala-galanya .sesungguh nya Allah Maha Mengetahui dan Kuasa .”


Firman Allah Surat Yasin ayat 68:
“Dan siapa- siapa yang kami panjangkan umurnya , Kami kembalikan kejadiannnya ( sebagai anak kecil kembali), apakah kamu tidak pikirkan ?.”
Begitulah kekuasaan Allah , karena Allah lah yang memendekan umur dan Allah pulalahyang memanjangkan umur seseorang .Manusia tidak dapat campur tangan sedikit juga dalam hal ini, sekalipun bagaimana juga tinggi pengetahuan di kuasainya.
Dan cobalah pikirkan, bila seorang yang bagaimana juga tinggi pengetahuan nya, bila di panjangkan Allah umurnya sampai menjadi Tua bangka , orang ahli itu kembali seperti anak kecil perangainya, dan tak tahu apa-apa (pikun).

Telah bersabda Rasulullah saw:
“Barang siap yang kami panjangkan umurnya dapat mencapai 40 tahun di dalam agama islam,akan di jauhkan Allah dari pada berbagai bala, yaitu gila,kusta dan sopak.Dan apa bila dia mencapai umur 50 tahun, Allah akan mengenteng kan perhisaban baginya,dan apa bila dia mencapai 60 tahun,Alaah akan memberi rezeki yang berupakan pendekatan diri pada Allah,dan apabila dia mencapai 70 tahun,diampuni Allah dosa nya yang dahilu dan yang sekarang,dan diberi gelar”ASIRULLAH”yaitu,”TAWANAN ALLAH”,dan akan mencintainya seluruh penduduk langit (Malaikat)”.

Sabda Rasulullah.saw.:
” Sebaik-baik manusia , ialah orang yang panjang umurnya dan baik amalannya , sejelek-jelek manusia ialah orang panjang umurnya tetapi jelek amalannya .”

Kaum muslimin yang berbahagia. Kita sebagai orang yg beriman tidak patut lalai dari beribadah kepada Allah sebelum kita dijemput oleh maut yg selalu mengintai tiap saat krn hanya dgn ibadah itu saja hidup kita ini bisa bernilai dan bisa menyelamatkan kita pada hari kiamat.Umur panjang belum tentu lbh baik dari umur pendek. Tapi sebaik-baik umur adl umur yg panjang digunakan utk beramal shaleh yg banyak. Dan sejelek-jelek umur adl yg pendek dan semuanya digunakan utk kejelelekan.

Wallahu'alam

0 comments:

Post a Comment

 
Top